Senin, 24 November 2014

BALADA HADIAH VIA E-MAIL (Rabu, 21-09-2011)

Sekitar kurang dari sebulan yang lalu, saya dapat e-mail dari sebuah produsen minuman bersoda yang pastinya produknya sudah sangat terkenal dan beredar ke mana-mana. Kata e-mail itu sih, produsen minuman soda itu habis melakukan undian pada para pengguna e-mail yang aktif menggunakan e-mail mereka. Dan katanya saya termasuk salah satu yang beruntung yang bisa menang undian itu dan berhak ngedapatin uang sebesar 1juta poundsterling. Melihat jumlah yang sebegitu gedenya saya terperangah sekaligus bahagia dong. Terus saya balas e-mail itu untuk menanyakan kebenarannya. Pas dijawab, katanya itu memang pengundian yang resmi dilakukan oleh si produsen itu dan saya disuruh mengirimkan scan KTP saya pada pihak ketiga yang mengurusi hadiah saya. Okeh, dengan penuh semangat saya kirim deh scan KTP saya. Waktu pihak ketiga mbalas e-mail saya kemarin siang, saya disuruh bayar biaya pengiriman cek dari London yang tarif paling murahnya itu 260 poundsterling atau kalau dijadikan rupiah mungkin sekitar 2,6 juta kali ya. Dan itu tidak boleh dipotong dari hadiah yang didapat. Wah, angkat tangan deh saya, uang ditabungan aja ga sampai 2 juta. Jadi singkat cerita, uang sejumlah 1juta poundsterling itu tidak jadi mampir ke kantong saya. Sebenarnya saya juga tidak begitu berharap. Takutnya ini cuma penipuan aja. Dan secara kebetulan, kemarin saya juga dapat e-mail dari Mr. AH di Afrika yang, yah, sama-sama berniat memberikan sejumlah uang bermata uang US$ gitu deh. Tapi tidak saya tanggapi.
 
Saya jadi heran, kok ada ya perusahaan/orang yang tiba-tiba mau ngasih uang banyak begitu pada orang yang tidak mereka kenal kayak saya. Aneh bin kurang masuk akal. Mungkinkah ini memang penipuan lewat dunia maya? Waspadalah, waspadalah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar