Kamis, 22 September 2011

Lambang Kabupaten Banyumas

 Seperti lambang-lambang lainnya yang penuh dengan makna, lambang kab. Banyumas pun juga demikian. Berikut ini adalah makna lambang kab. Banyumas.

  • Lambang kabupaten Banyumas berbentuk bulat, menggambarkan kebulatan tekad masyarakat Banyumas dalam mengejar cita-cita menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila.
  • Lambang gunung Slamet sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa, melukiskan keagungan dan keteguhan masyarakat Banyumas. Gambar itupun sebagai pengingat agar hutan yang nampak hijau tetap dijaga kelestariannya. Nama “Slamet” sendiri mengandung harapan agar agar masyarakat Banyumas pada khususnya dan Indonesia pada umumnya selalu selamat di dunia dan akhirat.
  • Lambang sungai Serayu dengan tiga lapis gelombang bermakna tige eks-kawedanan yang dilalui sungai Serayu, yaitu Banyumas, Sokaraja, dan Jatilawang. Sungai serayu juga bermanfaat bagi usaha di bidang pertanian dan usaha kesejahteraan social lainnya. Kata “Serayu” sendiri berarti rahayu atau selamat.
  • Seludang, manggar, dan buah kelapa muda adalah gambaran sumber penghasilan dan kemakmuran rakyatnya.
  •  Setangkai cengkeh berbunga lima juga sebagai salah satu sumber penghasilan yang cukup besar potensinya di daerah Banyumas. Jumlah bunga cengkeh yang ada lima diartikan sebagai dasar negara Pancasila.
  •   Gada Rujak Polo, senjata tokoh pewayangan R. Werkudara, melambangkan sifat “satria”, “jujur”, dan “berani”. Sifat-sifat tersebut menggambarkan jiwa para pejuang yang diteladani oleh para putra Banyumas yang menjadi pejuang bangsa seperti Jend. Soedirman, Jend. Gatot Subroto, dan lainnya yang juga harus diteladani oleh masyarakat Banyumas.
  •   Pohon beringin bernmakna pengayoman dan keadilan serta kebenaran. Enam sulur pohon beringin adalah jumlah eks-kawedanan di Banyumas.
  • Padi dan murbai melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
  • Diibagian bawah tertulis motto kabupaten Banyumas yaitu Rarasing Rasa Wiwaraning Praja yang berarti keserasian rasa merupakan pintu utama menuju daerah/Negara yang dicita-citakan.
  • Semua warna yang ada pada lambang kab. Banyumas pun mengandung arti. Warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Warna biru melambangkan kedamaian dan ketenangan. Warna kuning berarti kemurnian dan keluhuran. Warna hitam bermakna keabadian dan keteduhan. Sedangkan warna merah berarti keberanian dan putih berarti kesucian/ kejujuran.
                (Sumber: Banyumas, Wisata dan Budaya, 1991: 2-3)
                
         Dengan mengetahui arti dari lambang kab. Banyumas, semoga semua warga Banyumas bisa meneladani nilai-nilai yang terkandung didalamnya, dan juga turut serta dalam upaya mencapai cita-cita kab. Banyumas dan negara Indonesia tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar