Senin, 11 Oktober 2010

Permintaan Terakhir

   Aku merasa heran pada diriku sendiri. Bagaimana mungkin aku meng-iya-kan permintaan seorang wanita tua yang tidak aku kenal dan tidak aku ketahui namanya. Mungkin karena itu adalah permintaan terakhirnya, karena tidak lama setelah mengutarakan permintaannya, wanita malang itu meninggal. 
   Kini aku memandangi foto di tanganku ini untuk yang kesekian kalinya. Di sana tampak seorang gadis kecil yang sedang tersenyum sambil memeluk tasnya. Gadis kecil itu sangat manis. Sayangnya tidak ada keterangan apa-apa yang bisa kujadikan petunjuk,  hanya ada satu kalimat "Kenangan di Monas, 15 Juni 1996". Jadi mungkinkah aku harus memulai pencarianku dari sana, dari kota besar di pulau Jawa itu? Sejenak aku berpikir, kemudian aku terngiang kembali perkataan wanita tua itu sebelum meninggal "Ini putri saya, Fina, tolong cari dia dan katakan bahwa saya sangat menyayanginya."
   Kalau begitu, sudah saatnya aku pergi merantau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar